Pages

Thursday, January 21, 2016

Hal yang Wajib Dilakukan Bagi Pengguna Line

Line yang bermasalah ini memang bikin kesal, mengapa? hampir saat ini penggunaan LINE sebagai aplikasi messengger sudah sangat banyak. Banyak  alasan kenapa mereka menggunakan LINE ini, dari stikernya yang lucu, hingga game-nya yang menarik.

Banyak yang bertanya tentang akun LINE-nya yang mengalami masalah ini dan itu, sebenarnya itu masalah karena kesalahan pengguna (meskipun tidak 100%).


Berikut ini saya akan menjelaskan apa-apa saja yang harus dilakukan untuk mengantisipasi supaya LINE tetap aman-aman saja untuk jangka panjangnya.



























1. Setting Pengaturan Akun Anda

Banyak yang melewatkan ini dan karena dianggap sepele. Jangan salah, ini adalah dasar dari keamanan akun anda.

  • Masuk ke pengaturan LINE, caranya klik Setting lalu pilih Account
  • Pastikan Phone Number anda adalah nomor anda yang valid dan yang anda gunakan saat ini. Jika yang terdaftar adalah nomor telepon anda yang lama, itu sebenarnya tidak apa-apa.
    Tetapi untuk jangka panjang sangat tidak dianjurkan. lebih baik anda menggantinya. info lengkap cara mengganti nomer HP LINE ada di bawah ini.
  • Pastikan Email Account Registration sudah terdaftar. Kenapa? ini akan mempermudah apabila anda log-out (sengaja atau tidak). dan untuk re-download kembali stiker anda yang hilang karena anda telah log-out.
  • Pastikan akun Facebook sudah terhubung. Ini akan mempermudah anda dalam log-in nantinya, apabila nanti anda lupa PIN akun LINE anda. menggunakan log-in lewat facebook adalah cara tepat.
  • Centang Allow Login. Ini berguna jika nantinya akun LINE anda bermasalah tetapi anda harus membalas chat seseorang secepatnya. Anda bisa menggunakan LINE for PC, dengan log-in menggunakan email dan password akun LINE anda.
Kurang lebih tampilannya akan seperti ini


    2. Setting PIN

    Banyak juga yang melewatkan ini. Jika email adalah jantung dari suatu akun, PIN ini adalah paru-parunya. Jadi sebisa mungkin anda harus mengingat PIN agar tidak kerepotan di lain hari.
    • Masuk ke pengaturan LINE, caranya klik Setting lalu pilih PIN
    • Masukan PIN anda. PIN akun LINE terdiri dari 4 digit angka, boleh berulang boleh tidak. Tetapi saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan kombinasi angka yang berulang, meskipun mudah diingat, akan sangat beresiko apabila ada yang mengetahui email dan password LINE anda.
    Seperti yang saya bilang sebelumnya, PIN adalah paru-paru suatu akun.

    Kenapa saya menyuruh anda mengatur PIN akun LINE ? padahal meskipun tidak diatur, LINE tetap berjalan dengan baik. 

    Itu adalah paradigma yang salah.

    Jika sewaktu-waktu anda log-out (sengaja atau tidak) dan log-in kembali menggunakan email. Anda diwajibkan memasukan PIN akun LINE anda. 

    Jika sebelumnya anda tidak mengatur PIN LINE anda, LINE akan menggunakan 4 digit terakhir nomer hp anda yang terdaftar sebagai akun anda sebelumnya. 

    Jika nantinya pada saat log-out anda lupa nomer HP anda yang terdaftar itu berapa. akan sangat kerepotan bagi anda untuk log-in kembali akun ke akun anda.


    Cara Mengubah No. HP yang Terdaftar

    PENTING!!! Cara ini akan membuat akun Line anda ter-logout.

    Pastikan anda sudah mengikuti 2 cara diatas sebelumnya, dan sudah mem-backup chat yang ingin anda simpan agar nanti tidak kerepotan pada saat mengikuti tutorial ini.
    • Masuk menu Setting - More - Application manager (saya menggunakan device Galaxy Ace 3)
    • Pilih aplikasi LINE
    • Pilih Clear data




















      Cara diatas akan membuat akun anda Logout.






















      Sekarang anda bisa Login kembali dengan data-data anda yang valid.


      4 comments:

      1. bang ,kalo system error gara " salah pin. itu berapa lama nunggu nya? apa itu selamanya ?

        ReplyDelete
      2. applikasi line tiba tiba hilang setelah tab dihidupkan itu kenapa? awalnya saya matikan tab dan ngecas. pas udah selesai ngecas nyalain lagi app line hilang. lalu saya restart app line muncul lagi dg notif 999+ pas saya klik tampilannya lgsg log in atau buat akun baru. terus saya coba buka di pc linenya masih semula tapi tidak bisa membuat candangan, dan dlm jgga wktu tertntu pasti dimintain kode QR. Dan kalo saya log in di tab, otomatis kan data riwayat lama akan hilang. kalo line di tab hilang riwayat nantinya di laptop hilang juga pastikan? gimana solusinya supaya riwayat saya tidak hilang dan dpt dikembalikan?

        ReplyDelete
      3. applikasi line tiba tiba hilang setelah tab dihidupkan itu kenapa? awalnya saya matikan tab dan ngecas. pas udah selesai ngecas nyalain lagi app line hilang. lalu saya restart app line muncul lagi dg notif 999+ pas saya klik tampilannya lgsg log in atau buat akun baru. terus saya coba buka di pc linenya masih semula tapi tidak bisa membuat candangan, dan dlm jgga wktu tertntu pasti dimintain kode QR. Dan kalo saya log in di tab, otomatis kan data riwayat lama akan hilang. kalo line di tab hilang riwayat nantinya di laptop hilang juga pastikan? gimana solusinya supaya riwayat saya tidak hilang dan dpt dikembalikan?

        ReplyDelete
      4. This comment has been removed by the author.

        ReplyDelete